Biaya Akuisisi Pelanggan (CAC) – Cara Menghitung & Meningkatkannya

Diterbitkan: 2021-09-03

Dalam enam tahun terakhir, biaya untuk mendapatkan pelanggan telah meningkat sebesar 60%. Di pasar yang ramai saat ini, menarik prospek baru dan mengubahnya menjadi pelanggan yang membayar memiliki tantangannya sendiri. Tetapi sebelum Anda dapat mengatasinya, Anda harus benar-benar memahami dan menghitung biaya akuisisi pelanggan (CAC) Anda.

Mari kita lihat lebih dekat apa itu biaya akuisisi pelanggan, bagaimana menghitungnya dan, mungkin yang paling penting, bagaimana meningkatkannya.

Isi

  • Berapa Biaya Akuisisi Pelanggan?
  • Rumus Biaya Akuisisi Pelanggan
  • Apa yang Anda Sertakan dalam Biaya Akuisisi Pelanggan?
  • Apa yang Tidak Termasuk dalam Biaya Akuisisi Pelanggan
  • 5 Cara Mengurangi Biaya Akuisisi Pelanggan
  • Infografis

Berapa Biaya Akuisisi Pelanggan?

Biaya akuisisi pelanggan, atau CAC, mengacu pada total biaya untuk mendapatkan pelanggan baru. Ini mencakup total biaya pemasaran, penjualan, perangkat lunak, serta gaji, yang dihabiskan bisnis untuk meyakinkan pelanggan potensial untuk melakukan bisnis dengan mereka, baik membeli produk atau layanan.

Penjelasan sederhana untuk menghitung biaya akuisisi pelanggan adalah dengan menjumlahkan semua biaya pemasaran dan penjualan perusahaan Anda dan membaginya dengan jumlah pelanggan baru yang Anda peroleh sebagai hasilnya.

Secara strategis, mengurangi CAC Anda harus menjadi salah satu prioritas Anda. Lagi pula, akuisisi pelanggan dapat menghabiskan biaya hingga 7 kali lebih banyak daripada menjual ke pelanggan yang sudah ada, jadi masuk akal untuk menurunkannya, tetapi sebelumnya, Anda perlu tahu cara menghitungnya.

Pertama, Anda akan mempersempit cakupan data Anda dengan mengidentifikasi periode waktu yang ingin Anda evaluasi. Kemudian Anda akan menjumlahkan semua biaya penjualan dan pemasaran Anda. Sekarang bagi jumlah tersebut dengan jumlah pelanggan baru yang Anda peroleh selama periode tersebut. Hasilnya adalah perkiraan biaya bagi perusahaan Anda untuk mendapatkan pelanggan baru.

rumus cac

Rumus Biaya Akuisisi Pelanggan

Rumus biaya akuisisi pelanggan (CAC) cukup mudah.

Mari kita mulai dengan rumus dasar, seperti berikut ini:

Biaya Pemasaran / Jumlah Pelanggan yang Diperoleh =
Biaya Akuisisi Pelanggan

Misalnya, bayangkan Anda menjalankan kampanye iklan Facebook yang bertujuan untuk mendapatkan pelanggan baru. Anda menghabiskan $500 dalam satu bulan, dan Anda mendapatkan 10 pelanggan baru. Anda dapat menghitung CAC Anda untuk kampanye tertentu sebagai berikut:

$500/10 = $50

Tentu saja, ini adalah formula sederhana untuk satu kampanye saja. Ketika Anda mulai melihat periode waktu yang lebih lama dan pengeluaran biaya pemasaran yang lebih besar, Anda memerlukan formula yang lebih canggih.

Opsi kedua untuk menghitung biaya akuisisi pelanggan yang memperhitungkan lebih banyak biaya seperti biaya perangkat lunak dan gaji staf penjualan akan terlihat seperti ini:

Biaya Pemasaran & Penjualan + Upah + Perangkat Lunak + Layanan Outsource + Overhead untuk Pemasaran & Penjualan / Jumlah Pelanggan yang Diperoleh = Biaya Perolehan Pelanggan

Untuk rumus ini, sekali lagi, yang harus kita lakukan adalah memasukkan angka yang sesuai. Mari kita cari tahu CAC Anda untuk bulan Desember untuk data berikut:

  • Biaya Pemasaran & Penjualan: $4500
  • Upah: $2500
  • Perangkat lunak: $300
  • Layanan outsourcing: $500
  • Overhead: $700
  • Jumlah: $8500

Katakanlah perusahaan Anda memperoleh 912 pelanggan baru dalam sebulan. Jika kita memasukkan angka, kita mendapatkan:

$8500/912 = $9,32

Biaya akuisisi pelanggan Anda akan menjadi $9,32.

cac vs clv

Biaya Akuisisi Pelanggan dan Nilai Seumur Hidup Pelanggan

Bagaimana Anda tahu berapa biaya akuisisi pelanggan Anda seharusnya atau jika itu terlalu tinggi? Anda dapat melakukannya dengan membandingkannya dengan nilai umur pelanggan (CLV) Anda.

CLV mengukur seberapa berharganya pelanggan bagi bisnis Anda selama durasi hubungan tersebut.

Secara umum, dibutuhkan sekitar satu tahun untuk memulihkan biaya akuisisi pelanggan, sehingga CLV:CAC Anda harus 3:1, yaitu, nilai pelanggan Anda harus tiga kali lipat biaya untuk memperolehnya.

Jika rasio Anda kurang dari 1:1, Anda membayar lebih untuk pelanggan daripada nilainya, yang bisa membuat Anda mengalami masalah keuangan. Sebaliknya, jika rasio Anda lebih tinggi dari 3:1, kemungkinan besar Anda tidak menghabiskan cukup uang untuk pemasaran, dan Anda bisa kehilangan peluang untuk menemukan prospek baru.

Apa yang Anda Sertakan dalam Biaya Akuisisi Pelanggan?

Apa sebenarnya yang masuk ke dalam perhitungan biaya akuisisi pelanggan Anda? Mari lihat.

Biaya Pemasaran Dan Penjualan

Biaya pemasaran, baik tradisional maupun digital, umumnya merupakan bagian integral dari pengeluaran setiap perusahaan. Jika Anda tidak yakin tentang apa yang harus disertakan dalam perhitungan CAC Anda, berikut adalah beberapa ide:

  • Iklan Bergambar: Ini mengacu pada semua pengeluaran perusahaan Anda untuk iklan, baik di aplikasi, media sosial, atau Internet dalam bentuk video, audio, teks, atau gambar. Tujuannya, tentu saja, untuk mendorong orang mengklik ke halaman arahan atau situs web Anda. Iklan bergambar mungkin merupakan investasi yang baik: Ini telah terbukti menjadi salah satu metode paling efektif untuk mendapatkan pelanggan baru, dan mendukung ingatan merek, kesadaran merek, dan loyalitas.
  • Pemasaran Mesin Pencari: Strategi pemasaran digital ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas situs web Anda di SERP. Karena Anda hanya membayar tayangan yang pada akhirnya menghasilkan pengunjung, pada akhirnya, ini adalah strategi pemasaran yang efisien dan cara yang bagus untuk mengembangkan bisnis Anda di pasar yang semakin kompetitif.
  • Pemasaran Afiliasi: Jika Anda bekerja dengan afiliasi, Anda dapat meningkatkan akuisisi pelanggan baru dengan memberikan struktur komisi yang tepat untuk memberi insentif kepada mereka agar membawa Anda pelanggan baru. Ini juga termasuk pengeluaran untuk strategi lain seperti kupon eksklusif, kode rias, dan diskon untuk pelanggan baru.
  • Pemasaran Media Sosial: Anda dapat menggunakan media sosial untuk mendapatkan pelanggan baru dengan menggunakan konten buatan pengguna untuk membangun kepercayaan, bekerja sama dengan pemberi pengaruh, dan memberikan layanan pelanggan yang luar biasa (pada kenyataannya, 72% pelanggan memberi tahu enam orang atau lebih ketika mereka memiliki pengalaman positif).
    • Iklan Asli: Juga dikenal sebagai konten bersponsor, ini mengacu pada iklan yang sesuai dengan fungsi platform tempat kemunculannya dan biasanya terlihat seperti video, artikel, editorial, atau advertorial.
    • Acara: Jangan lupa untuk memasukkan pengeluaran dari pemasaran acara di CAC Anda. Menyelenggarakan acara adalah cara yang bagus untuk mendapatkan klien baru karena mereka menyatukan calon pelanggan di satu tempat dan memungkinkan Anda untuk berkomunikasi langsung dengan mereka. Pelanggan menyukai acara karena mereka memiliki kesempatan untuk merasakan merek Anda secara langsung.
  • Televisi: Meskipun mungkin tampak usang, tetap merupakan strategi yang solid untuk mendapatkan klien baru dengan menggunakan TV untuk memasarkan produk dan layanan Anda. Anda mungkin memiliki keunggulan dalam periklanan digital, karena konsumen cenderung lebih mempercayai format offline daripada format online (masing-masing 20% ​​vs. 11%).

Gaji Karyawan

Karyawan yang baik bernilai investasi, jadi lebih baik tidak berhemat pada upah mereka. Sangat penting untuk memiliki karyawan yang baik (dan puas) karena mereka akan menjadi duta yang paling efektif untuk merek Anda.

Karyawan yang terlibat memiliki hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda. Ingat, ini adalah orang-orang yang bertanggung jawab atas layanan pelanggan, jadi ketika mereka senang, klien Anda juga senang.

gaji karyawan

Jangan lupakan personel lain seperti kontraktor dan pekerja lepas karena kepuasan mereka dengan pekerjaan mereka pada akhirnya akan berdampak pada pelanggan Anda, apakah mereka menulis konten Anda, mendesain grafik Anda, atau memberikan saran atau peralatan.

Jika Anda perlu mengurangi biaya gaji, sebelum Anda mengurangi upah atau memberhentikan orang, lihat chatbots dan otomatisasi pemasaran untuk mendukung perusahaan Anda dan merampingkan layanan pelanggan.

Biaya Teknis

Semua teknologi yang digunakan tim penjualan dan pemasaran Anda akan dikenakan biaya teknis. Ini termasuk alat pelaporan, perangkat lunak untuk melacak prospek dan penjualan, CRM, alat produktivitas, program untuk melacak email dan penjangkauan, dan penjualan sosial, antara lain. Biaya untuk analisis, konferensi web, dan alat kolaboratif juga akan masuk ke dalam kategori ini.

Biaya produksi

Ini mengacu pada semua biaya yang terkait dengan pembuatan konten. Misalnya, jika perusahaan Anda akan membuat video, Anda perlu membeli kamera untuk merekamnya, Anda harus menyiapkan set, Anda perlu mengedit video, dll. Jika Anda mengalihdayakan konten Anda, biaya Anda bisa meningkat secara signifikan; namun, karena membuat konten berkualitas tinggi sangat penting untuk bisnis apa pun, ini bukan area di mana Anda ingin berhemat.

Pemeliharaan Inventaris

Ini mengacu pada uang yang harus Anda keluarkan untuk memelihara dan memelihara produk Anda. Misalnya, jika Anda menjual perangkat lunak, uang yang Anda keluarkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, memperbaiki bug, dan menyelesaikan pembaruan akan termasuk dalam item ini.

Apa yang Tidak Termasuk dalam Biaya Akuisisi Pelanggan

Beberapa biaya tidak boleh dimasukkan dalam CAC Anda, seperti biaya keberhasilan pelanggan, yang pada dasarnya tidak berkisar pada pelanggan baru tetapi pendapatan ekspansi. Demikian pula, Anda tidak ingin memasukkan kartu kredit dan biaya pemrosesan pembayaran atau biaya pelatihan pelanggan.

Biaya akuisisi pelanggan juga tidak boleh termasuk biaya pemasaran seperti branding, logo, dan PR (jika tidak terfokus langsung pada prospek baru) atau biaya yang terkait dengan kontes pelanggan saat ini (hadiah, hadiah liburan, dll.).

Perjalanan yang terkait dengan mengunjungi atau melayani pelanggan saat ini bukan merupakan bagian dari perhitungan CAC, juga bukan peristiwa pengguna dan pengeluaran terkait.

apa yang tidak termasuk dalam CAC

5 Cara Mengurangi Biaya Akuisisi Pelanggan

Biasanya, CAC yang lebih rendah dari pesaing utama Anda bagus. Lagi pula, semakin sedikit biaya yang Anda keluarkan untuk mendapatkan pelanggan yang membayar, semakin baik. Dengan cara ini, Anda dapat membebaskan lebih banyak uang untuk dibelanjakan dengan cara lain untuk mengembangkan bisnis Anda.

Mari kita lihat lima cara untuk mengurangi biaya akuisisi pelanggan yang dapat Anda mulai kerjakan hari ini.

Tingkatkan Pengoptimalan Tingkat Konversi Anda

Saat Anda meningkatkan pengoptimalan tingkat konversi (CRO), Anda hanya meningkatkan persentase pengguna yang melakukan tindakan yang diinginkan di situs web Anda. Untuk melakukan ini, Anda benar-benar perlu memastikan bahwa semuanya berjalan lancar ketika calon pelanggan mencapai situs web Anda.

Hebatnya, untuk setiap $92 yang dikeluarkan perusahaan untuk akuisisi pelanggan, mereka hanya menghabiskan $1 untuk pengoptimalan tingkat konversi. Bahkan sedikit peningkatan pada CRO Anda tidak hanya dapat mengurangi CAC Anda, tetapi juga meningkatkan laba Anda.

Ada banyak cara untuk meningkatkan CRO Anda:

  • Optimalkan posting blog Anda yang berkinerja tertinggi: Ini melibatkan identifikasi posting blog Anda dengan lalu lintas tinggi tetapi tingkat konversi rendah dan menyesuaikannya untuk meningkatkan konversi. Anda dapat meningkatkan SEO, menambahkan ajakan bertindak (CTA), atau menggunakan strategi lain. Masuk akal juga untuk meningkatkan posting dengan tingkat konversi tinggi lebih lanjut dan memastikannya diposisikan dengan baik di SERP.
  • Memberikan nilai nyata kepada pelanggan potensial: Dengan terhubung dengan mereka melalui penjangkauan, survei, dan email, Anda dapat memahami kebutuhan dan poin kesulitan pelanggan Anda. Wawancarai pelanggan dan tinjau transkrip obrolan langsung. Dengarkan di media sosial. Setelah Anda memiliki cukup data, analisislah dan berikan kepada orang-orang persis apa yang mereka minta. Dengan cara ini, Anda akan dapat mempertahankan pelanggan saat ini, yang kemudian akan menjadi pendukung merek Anda, yang dapat membantu mengurangi CAC Anda.
  • Tambahkan CTA ke posting blog: Itu selalu merupakan ide yang baik untuk mendorong pelanggan Anda untuk mengambil tindakan, tetapi kebutaan spanduk itu nyata, jadi Anda harus berpikir di luar kotak. Anda harus mencoba strategi yang berbeda, tetapi satu opsi yang efektif adalah menggunakan CTA berbasis teks, khususnya baris teks yang berdiri sendiri dengan tautan ke halaman arahan. Selain itu, mempersonalisasi CTA Anda dapat membuat dunia berbeda. Faktanya, data menunjukkan bahwa CTA yang dipersonalisasi berkinerja 202% lebih baik, dan tombol mengungguli gambar.
  • Sertakan konten yang dibuat pengguna: Bukti sosial itu penting, dan itulah mengapa menggunakan konten yang dibuat oleh pelanggan Anda sendiri dapat mendorong pertumbuhan yang serius.

Contoh: Perusahaan manajemen proyek Basecamp melihat peningkatan besar ketika mengubah desain halaman arahannya untuk Highrise. Halaman asli penuh dengan teks, jadi mereka memutuskan untuk menambahkan gambar manusia untuk meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas. Mereka mencoba beberapa strategi, tetapi setelah menyertakan foto wajah tersenyum seorang wanita, yang jelas membuatnya lebih mengundang, konversi mereka meningkat sebesar 102,5%.

orang dalam desain

Terapkan Strategi Penargetan Ulang

Cara yang bagus untuk menurunkan CAC Anda adalah melalui penargetan ulang, di mana Anda pada dasarnya mengingatkan pengunjung tentang produk dan layanan Anda setelah mereka meninggalkan situs web Anda tanpa membeli apa pun. Mungkin mereka terganggu, atau mereka tidak siap untuk melakukan pembelian.

Apa pun alasannya, penargetan ulang adalah cara yang efektif untuk membawa mereka kembali ke saluran penjualan Anda. Anggap saja sebagai dorongan lembut ke arah yang benar untuk mendorong mereka menyelesaikan pembelian mereka. Ini dapat membantu meningkatkan tingkat konversi pelanggan dengan menghasilkan kampanye yang sangat bertarget untuk calon pelanggan.

strategi penargetan ulang

Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan jaringan tampilan Google Ads atau Iklan Facebook atau keduanya, untuk memastikan Anda dapat menjangkau audiens Anda setiap saat dan meningkatkan peluang mereka untuk berkonversi. Penargetan ulang umumnya sangat efektif sehingga data menunjukkan bahwa itu mengalahkan semua strategi penempatan iklan lainnya, dengan tingkat efisiensi 1,064%.

Penargetan ulang memungkinkan Anda membuat kampanye yang sangat bertarget untuk calon pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda harus mengumpulkan banyak data untuk memahami mereka sebanyak mungkin: motivasi mereka, preferensi mereka, perilaku mereka, dll. Ini akan mempermudah meyakinkan mereka untuk membeli produk atau layanan Anda.

Alasan lain untuk menggunakan penargetan ulang adalah sebagai berikut:

  1. Penargetan ulang mengurangi pengabaian keranjang sebesar 6,5% dan dapat meningkatkan penjualan online sebesar 20%.
  2. Pengunjung yang ditargetkan ulang dengan iklan bergambar 70% lebih mungkin untuk berkonversi di situs web Anda.
  3. Sekitar 37% pelanggan mengklik iklan yang ditargetkan ulang.
  4. Rasio klik-tayang dari iklan bertarget ulang adalah 10x lebih tinggi daripada iklan bergambar biasa.
  5. Penargetan ulang dapat meningkatkan tingkat keterlibatan hingga 400%.

Jika Anda bertanya-tanya kapan harus meluncurkan kampanye penargetan ulang, lakukan saat Anda ingin:

  • Promosikan buku terlaris Anda, karena ini adalah cara yang efektif untuk menonjolkan produk dan layanan terlaris Anda.
  • Perkenalkan koleksi baru. Orang-orang yang menyukai merek dan produk Anda akan kembali untuk melihat apa yang baru ketika mereka melihat iklan penargetan ulang.
  • Membangun kesadaran merek. Orang-orang akan ingin mengenal Anda sebelum mereka membeli dari Anda, dan iklan ini dapat membantu Anda tampil di depan calon pelanggan yang pada awalnya belum tentu siap untuk membeli dari Anda.

Contoh: Perusahaan kasur Casper melakukannya dengan benar dengan kampanye penargetan ulang mereka. Setelah menelusuri produk di situs web mereka, pengguna yang tidak melakukan pembelian akan sering melihat iklan di kemudian hari. Iklan Casper yang merupakan bagian dari kampanye penargetan ulangnya menawarkan diskon dan penghargaan fitur yang diterima oleh perusahaan.

Faktanya, Casper menerapkan kombinasi penargetan ulang dan kampanye kinerja yang meningkatkan rasio konversi penargetan ulang sebesar 76% dengan penurunan BPA 40% dan peningkatan ROAS 28%.

strategi penargetan ulang

Buat Program Afiliasi

Cara lain untuk menurunkan biaya akuisisi pelanggan Anda adalah dengan membuat program afiliasi. Grup afiliasi Anda akan bertanggung jawab untuk terlibat dengan pelanggan potensial Anda untuk melakukan penjualan atas nama Anda dan mendapatkan komisi kecil sebagai gantinya.

Ini menurunkan CAC Anda karena pada akhirnya Anda akan membayar afiliasi hanya komisi (biasanya berbasis persentase) hanya setelah pelanggan membeli dari Anda. Hasilnya, Anda dapat meningkatkan penjualan melalui afiliasi tanpa biaya di muka.

Pemasaran afiliasi sedang tren sekarang, dengan pengeluarannya diperkirakan akan meningkat sebesar 10% selama beberapa tahun ke depan. Tidak hanya itu, program affiliate marketing yang solid dapat meningkatkan pendapatan hingga 30%.

Tidak ada kekurangan manfaat untuk bisnis dalam hubungan ini:

    • Mudah diatur: Afiliasi Anda akan muncul dengan konten pemasaran. Yang harus Anda lakukan adalah memilih dan memeriksa mereka dan menjaga hubungan yang baik.
    • Ada sedikit atau tidak ada risiko: Tidak terlalu banyak yang dipertaruhkan di sini karena Anda berutang uang kepada afiliasi Anda setelah pelanggan melakukan pembelian.
    • Ini fleksibel: Anda harus memutuskan persyaratan spesifik pembayaran Anda dan seberapa besar atau kecil program afiliasi Anda. Skalakan saat Anda tumbuh, kecilkan sesuai kebutuhan.
    • Ini akan membawa Anda lalu lintas bertarget: Afiliasi yang mempromosikan produk dan layanan Anda bertindak sebagai filter di mana hanya klien potensial ideal Anda yang mencapai situs web Anda. Selain itu, afiliasi Anda akan memiliki pengaruh dan akses ke audiens yang menerima apa pun yang Anda jual.
  • Biayanya rendah: Sekali lagi, afiliasi Anda bertanggung jawab atas pemasaran, dan Anda hanya membayar mereka jika mereka melakukan penjualan atas nama Anda. Program afiliasi tidak mempengaruhi arus kas Anda seperti strategi periklanan lainnya.

Saat Anda membuat program afiliasi, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu, sehingga Anda bisa melakukannya dengan benar pertama kali.

Contoh: Amazon mungkin menjadi pembawa standar dalam hal menyiapkan program afiliasi yang sukses. Dengan salah satu program terbesar di eCommerce, dan afiliasi mengumpulkan ratusan ribu dolar dalam beberapa kasus, Anda dapat membayangkan bahwa sebagian besar kekayaan Jeff Bezos berasal dari 900.000+ tentara penerbit pekerja keras.

Program Afiliasi

Gunakan Otomatisasi Pemasaran

Mengotomatiskan bagian dari upaya pemasaran Anda dapat secara efektif mengurangi biaya akuisisi pelanggan karena memungkinkan perusahaan mengirim pesan otomatis ke pelanggan potensial melalui teks, email, web, dan sosial berdasarkan alur kerja.

Ketika karyawan pemasaran dan penjualan menggunakan otomatisasi untuk mengelola tugas yang berulang, biaya personel berkurang. Tim Anda juga mendapat lebih banyak waktu untuk mengatasi masalah kritis dan meningkatkan efisiensi.

Jika Anda tidak ikut-ikutan otomatisasi pemasaran, sekaranglah saatnya. Otomatisasi tidak hanya menurunkan CAC tetapi juga meningkatkan perolehan prospek, pemeliharaan prospek, pendapatan penjualan, dan keterlibatan pelanggan. Faktanya, 75% dari semua perusahaan sudah menggunakan alat otomatisasi. Lebih baik lagi, 76% pemasar melihat ROI positif dalam satu tahun dan 44% dalam enam bulan setelah mengadopsi otomatisasi.

otomatisasi pemasaran

Ada beberapa cara untuk mengintegrasikan otomatisasi pemasaran ke dalam perusahaan Anda. Ini termasuk:

  • Chatbots: Ini adalah tren otomatisasi yang sangat populer yang diperkirakan akan tumbuh. Chatbots dapat digunakan untuk keterlibatan pelanggan dan layanan pelanggan. Mereka populer di kalangan konsumen karena mereka memberikan jawaban cepat atas pertanyaan, dan, pada 2019, mereka mampu menangani 68,9% obrolan dari awal hingga akhir, dengan tingkat kepuasan rata-rata 87,58%.
  • Email yang Dipersonalisasi Otomatis: Kirim email yang dipersonalisasi ke seluruh milis Anda, termasuk prospek baru dan pembeli tetap. Otomatisasi dapat berjalan di latar belakang, membebaskan waktu Anda untuk tugas-tugas lain. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengembangkan kampanye yang dipersonalisasi yang dipicu oleh posisi setiap pelanggan di saluran penjualan.
  • Pemasaran Media Sosial Otomatis: Tren populer (dan terus berkembang) ini memungkinkan Anda membuat dan menjadwalkan posting Anda berminggu-minggu sebelumnya untuk tanggal dan waktu tertentu. Ini dapat membantu Anda meningkatkan kehadiran media sosial Anda dan terhubung dengan lebih banyak prospek. Jika Anda mengotomatiskan prosesnya, Anda tidak perlu berebut pada menit terakhir, dan Anda memiliki lebih banyak waktu untuk terlibat dengan pengikut Anda.

Contoh: Perusahaan kotak langganan perawatan dan kecantikan bulanan Birchbox memberikan contoh yang baik di sini.

Setelah orang-orang berlangganan milisnya, Birchbox mengirimkan email sambutan awal, diikuti oleh serangkaian email otomatis yang membagikan tips make-up, rahasia dan trik kecantikan, dan serangkaian pesan, yang tujuannya adalah untuk melibatkan prospek mereka dan membangun loyalitas. .

otomatisasi pemasaran

Buat Konten yang Menarik dan Bermakna

Menulis konten yang luar biasa adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan prospek dan pelanggan Anda di tingkat yang lebih dalam. Ini memungkinkan Anda untuk mendidik mereka tentang merek, produk, dan layanan Anda, dan membantu membangun kepercayaan dan otoritas. Berusaha keras untuk menulis konten yang membantu prospek Anda dan meningkatkan keterlibatan. Lagi pula, perusahaan yang blognya menghasilkan prospek 126% lebih banyak daripada yang tidak.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat proses pembuatan konten Anda lebih sukses:

  • Ukur Kinerja Anda: Tentu saja, konten tidak selalu tampil seperti yang kami inginkan atau seperti yang kami harapkan. Itulah mengapa penting untuk menulisnya, mempublikasikannya, dan melacak kinerjanya. Apakah bisa dioptimalkan? Apakah Anda memerlukan ajakan bertindak yang lebih baik atau berbeda? Apakah nadanya benar? Bagaimana dengan fokusnya? Anda harus selalu mengawasi, mengukur, dan mengevaluasi kinerja konten Anda.
  • Tingkatkan Game SEO Anda: Saat Anda membuat konten itu, pastikan Anda memperhatikan pengoptimalan mesin telusur (SEO). Lalu lintas berbayar menghilang begitu Anda berhenti membayarnya, tetapi menggunakan SEO menghasilkan hasil yang jauh lebih berkelanjutan. Faktanya, SEO dapat mengurangi CAC sebanyak 75% dibandingkan dengan lalu lintas berbayar. Setelah Anda membayar biaya penerapan SEO, menarik lalu lintas organik sepenuhnya gratis.
  • Gunakan Kata Kunci yang Tepat: Pastikan Anda membuat konten seputar kata kunci berekor panjang, yang seharusnya kurang kompetitif. Temukan celah dalam konten pesaing Anda dan tulis artikel epik tentang topik tersebut. Pastikan Anda menentukan kata kunci berdasarkan persona pembeli Anda, yang dapat meningkatkan tidak hanya kesadaran merek tetapi juga lalu lintas organik.
  • Promosikan Konten Anda: Jangan terkecoh dengan kalimat, “Jika Anda menulisnya, mereka akan datang.” Dapatkan bergegas dan bagikan konten luar biasa yang Anda buat dengan prospek dan pelanggan Anda saat ini. Sertakan dalam kampanye email personalisasi otomatis Anda, posting di semua platform media sosial Anda, dan tampilkan di depan influencer terbesar di industri Anda sehingga mereka dapat membaginya dengan pengikut mereka.

Contoh: River Pools and Spa adalah perusahaan kolam yang masih baru di ambang kebangkrutan sampai pemiliknya, Marcus Sheridan, mulai mengambil strategi pembuatan kontennya dengan lebih serius. Seiring waktu, ia mampu membalikkan keadaan dan menjadikannya situs biliar yang sangat berwibawa dan andal.

tangkapan layar ahrefs

Setelah meneliti audiensnya, dia menemukan bahwa kompetisi tidak banyak membantu memecahkan masalah orang. Ada satu pertanyaan utama yang membutuhkan jawaban: harga kolam fiberglass. Jadi dia membuat posting blog yang mendalam untuk membantu prospeknya:

kolam fiberglass

Posting blog ini menghasilkan penjualan $ 2 juta untuknya. Ini adalah kata kunci ekor panjang yang solid, terutama karena produknya, kolam fiberglass, sangat mahal.

Memahami dan mengetahui cara menghitung biaya akuisisi pelanggan Anda sangat bermanfaat bagi perusahaan mana pun yang ingin memaksimalkan sumber dayanya dan meregangkan pengeluarannya. Setelah Anda menghitungnya, Anda akan memiliki pegangan yang lebih baik tentang biaya pelanggan baru Anda pada bisnis Anda, dan Anda dapat menerapkan strategi untuk meningkatkan metrik penting ini.

Infografis:

infografis - cara menghitung biaya akuisisi pelanggan (CAC)